Sepak Bola


Sepak bola diciptakan dan dimainkan pertama kali di negara Inggris. Sepak bola merupakan bagian dari permainan bola besar. Banyak sekali legenda-legenda yang terkenal melalui sepakbola, seperti Pele, Diego Maradona, Van der Sar dan ada juga pemain bola yang lebih hebat dari mereka yang masih bermain di permainan kulit bundar seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan sebagainya.

Dalam satu tim sepak bola terdapat maksimal 30 pemain, termasuk pemain cadangan. Dalam satu pertandingan sepak bola antara dua tim, dalam satu tim terdapat 11 orang pemain, demikian juga yang terjadi pada tim lawan. Satu tim memiliki beberapa seragam. Sepak bola memiliki waktu permainan 2 x 45 menit dan juga setelah babak pertama selesai diselingi waktu istirahat selama 15 menit.Dalam permainan ini juga ada waktu tambahan/extra point yang berjalan selama 2 x 15 menit yang ada jika angka seri dan jika angka masih seimbang akan diadakan adu penalti.

Lapangan permainan sepak bola memiliki panjang 100-110 m dan lebar 64-75 m. Pertandingan sepak bola dipimpin oleh satu orang wasit dan dua orang hakim garis. Semua pertandingan sepak bola dimainkan di dalam Stadion. Stadion-stadion yang terkenal di seluruh dunia adalah: Wembley Stadium, Santiago Bernabeu, San Siro, Camp Nou, Old Trafford, Stamford Bridge, Etihad Stadium, Emirates Stadium, Del Vincente Calderon, dan lain lain.

Teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola adalah sebagai berikut: menendang/mengoper (passing), menggiring (dribbling), dan menembak (shooting).

(Benaya, Garcia, Joshua, Arion / 8B)

Leave a comment